ANTARA ZIONISME DAN YAHUDI
MANIK CINDERANO
Musim panas tahun 1982 menjadi saksi atas kebiadaban luar biasa yang menyebabkan seluruh
dunia berteriak dan mengutuknya dengan keras. Tentara Isrel memasuki wilayah Lebanon dalam
suatu serbuan mendadak, dan bergerak maju sambil menghancurkan sasaran apa saja yang
nampak di hadapan mereka. Pasukan Israel ini mengepung kamp-kamp pengungsi yang dihuni
warga Palestina yang telah melarikan diri akibat pengusiran dan pendudukan oleh Israel
beberapa tahun sebelumnya. Selama dua hari, tentara Israel ini mengerahkan milisi Kristen
Lebanon untuk membantai penduduk sipil tak berdosa tersebut. Dalam beberapa hari saja, ribuan
nyawa tak berdosa telah terbantai.
Terorisme biadab bangsa Israel ini telah membuat marah seluruh masyarakat dunia. Tapi, yang
menarik adalah sejumlah kecaman tersebut justru datang dari kalangan Yahudi, bahkan Yahudi
Israel sendiri. Profesor Benjamin Cohen dari Tel Aviv University menulis sebuah pernyataan
pada tanggal 6 Juni 1982:
Saya menulis kepada anda sambil mendengarkan radio transistor yang baru saja mengumumkan
bahwa ‘kita’ sedang dalam proses ‘pencapaian tujuan-tujuan kita’ di Lebanon: yakni untuk
menciptakan ‘kedamaian’ bagi penduduk Galilee. Kebohongan ini sungguh membuat saya
marah. Sudah jelas bahwa ini adalah peperangan biadab, lebih kejam dari yang pernah ada
sebelumnya, tidak ada kaitannya dengan upaya yang sedang dilakukan di London atau keamanan
di Galilee…Yahudi, keturunan Ibrahim…. Bangsa Yahudi, mereka sendiri menjadi korban
kekejaman, bagaimana mereka dapat menjadi sedemikian kejam pula? … Keberhasilan
terbesar bagi Zionisme adalah de-Yahudi-isasi bangsa Yahudi. ("Professor Leibowitz calls
Israeli politics in Lebanon Judeo-Nazi" Yediot Aharonoth, 2 Juli 1982)
Benjamin Cohen bukanlah satu-satunya warga Israel yang menentang pendudukan Israel atas
Lebanon. Banyak kalangan intelektual Yahudi yang tinggal di Israel yang mengutuk kebiadaban
yang dilakukan oleh negeri mereka sendiri.
Pensikapan ini tidak hanya tertuju pada pendudukan Israel atas Lebanon. Kedzaliman Israel atas
bangsa Palestina, keteguhan dalam menjalankan kebijakan penjajahan, dan hubungannya dengan
lembaga-lembaga semi-fasis di bekas rejim rasis Apartheid di Afrika Selatan telah dikritik oleh
banyak tokoh intelektual terkemuka di Israel selama bertahun-tahun. Kritik dari kalangan Yahudi
sendiri ini tidak terbatas hanya pada berbagai kebijakan Israel, tetapi juga diarahkan pada
Zionisme, ideologi resmi negara Israel.
Ini menyatakan apa yang sesungguhnya terjadi: kebijakan pendudukan Israel atas Palestina
dan terorisme negara yang mereka lakukan sejak tahun 1967 hingga sekarang berpangkal
dari ideologi Zionisme, dan banyak Yahudi dari seluruh dunia yang menentangnya.
Oleh karena itu, bagi umat Islam, yang hendaknya dipermasalahkan adalah bukan agama Yahudi
atau bangsa Yahudi, tetapi Zionisme. Sebagaimana gerakan anti-Nazi tidak sepatutnya
membenci keseluruhan masyarakat Jerman, maka seseorang yang menentang Zionisme tidak
sepatutnya menyalahkan semua orang Yahudi.
Asal Mula Gagasan Rasis Zionisme
Setelah orang-orang Yahudi terusir dari Yerusalem pada tahun 70 M, mereka mulai tersebar di
berbagai belahan dunia. Selama masa ‘diaspora’ ini, yang berakhir hingga abad ke-19, mayoritas
masyarakat Yahudi menganggap diri mereka sebagai sebuah kelompok masyarakat yang
didasarkan atas kesamaan agama mereka. Sepanjang perjalanan waktu, sebagian besar orang
Yahudi membaur dengan budaya setempat, di negara di mana mereka tinggal. Bahasa Hebrew
hanya tertinggal sebagai bahasa suci yang digunakan dalam berdoa, sembahyang dan kitab-kitab
agama mereka. Masyarakat Yahudi di Jerman mulai berbicara dalam bahasa Jerman, yang di
Inggris berbicara dengan bahasa Inggris. Ketika sejumlah larangan dalam hal kemasyarakatan
yang berlaku bagi kaum Yahudi di negara-negara Eropa dihapuskan di abad ke-19, melalui
emansipasi, masyarakat Yahudi mulai berasimilasi dengan kelompok masyarakat di mana
mereka tinggal. Mayoritas orang Yahudi menganggap diri mereka sebagai sebuah ‘kelompok
agamis’ dan bukan sebagai sebuah ‘ras’ atau ‘bangsa’. Mereka menganggap diri mereka sebagai
masyarakat atau orang ‘Jerman Yahudi’, ‘Inggris Yahudi, atau ‘Amerika Yahudi’.
Namun, sebagaimana kita pahami, rasisme bangkit di abad ke-19. Gagasan rasis, terutama akibat
pengaruh teori evolusi Darwin, tumbuh sangat subur dan mendapatkan banyak pendukung di
kalangan masyarakat Barat. Zionisme muncul akibat pengaruh kuat badai rasisme yang melanda
sejumlah kalangan masyarakat Yahudi.
Kalangan Yahudi yang menyebarluaskan gagasan Zionisme adalah mereka yang memiliki
keyakinan agama sangat lemah. Mereka melihat “Yahudi” sebagai nama sebuah ras, dan bukan
sebagai sebuah kelompok masyarakat yang didasarkan atas suatu keyakinan agama. Mereka
mengemukakan bahwa Yahudi adalah ras tersendiri yang terpisah dari bangsa-bangsa Eropa,
sehingga mustahil bagi mereka untuk hidup bersama, dan oleh karenanya, mereka perlu
mendirikan tanah air mereka sendiri. Orang-orang ini tidak mendasarkan diri pada pemikiran
agama ketika memutuskan wilayah mana yang akan digunakan untuk mendirikan negara
tersebut. Theodor Herzl, bapak pendiri Zionisme, pernah mengusulkan Uganda, dan rencananya
ini dikenal dengan nama ‘Uganda Plan’. Kaum Zionis kemudian menjatuhkan pilihan mereka
pada Palestina. Alasannya adalah Palestina dianggap sebagai ‘tanah air bersejarah bangsa
Yahudi’, dan bukan karena nilai relijius wilayah tersebut bagi mereka.
Para pengikut Zionis berusaha keras untuk menjadikan orang-orang Yahudi lain mau menerima
gagasan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan agama mereka ini. Organisasi Yahudi
Dunia, yang didirikan untuk melakukan propaganda masal, melakukan kegiatannya di negaranegara
di mana terdapat masyarakat Yahudi. Mereka mulai menyebarkan gagasan bahwa orangorang
Yahudi tidak dapat hidup secara damai dengan bangsa-bangsa lain dan bahwa mereka
adalah suatu ‘ras’ tersendiri; dan dengan alasan ini mereka harus pindah dan bermukim di
Palestina. Sejumlah besar masyarakat Yahudi saat itu mengabaikan seruan ini.
Dengan demikian, Zionisme telah memasuki ajang politik dunia sebagai sebuah ideologi rasis
yang meyakini bahwa masyarakat Yahudi tidak seharusnya hidup bersama dengan bangsabangsa
lain. Di satu sisi, gagasan keliru ini memunculkan beragam masalah serius dan tekanan
terhadap masyarakat Yahudi yang hidupnya tersebar di seluruh dunia. Di sisi lain, bagi
masyarakat Muslim di Timur Tengah, hal ini memunculkan kebijakan penjajahan dan
pencaplokan wilayah oleh Israel, pertumpahan darah, kematian, kemiskinan dan teror.
Banyak kalangan Yahudi saat ini yang mengecam ideologi Zionisme. Rabbi Hirsch, salah
seorang tokoh agamawan Yahudi terkemuka, mengatakan:
‘Zionisme berkeinginan untuk mendefinisikan masyarakat Yahudi sebagai sebuah bangsa .... ini
adalah sesuatu yang menyimpang (dari ajaran agama)’. (Washington Post, 3 Oktober 1978)
Seorang pemikir terkemuka, Roger Garaudy, menulis tentang masalah ini:
Musuh terbesar bagi agama Yahudi adalah cara berpikir nasionalis, rasis dan kolonialis dari
Zionisme, yang lahir di tengah-tengah (kebangkitan) nasionalisme, rasisme dan kolonialisme
Eropa abad ke-19. Cara berpikir ini, yang mengilhami semua kolonialisme Barat dan semua
peperangannya melawan nasionalisme lain, adalah cara berpikir bunuh diri. Tidak ada masa
depan atau keamanan bagi Israel dan tidak ada perdamaian di Timur Tengah kecuali jika Israel
telah mengalami “de-Zionisasi” dan kembali pada agama Ibrahim, yang merupakan warisan
spiritual, persaudaraan dan milik bersama dari tiga agama wahyu: Yahudi, Nasrani dan Islam.
(Roger Garaudy, "Right to Reply: Reply to the Media Lynching of Abbe Pierre and Roger
Garaudy", Samizdat, Juni 1996)
Dengan alasan ini, kita hendaknya membedakan Yahudi dengan Zionisme. Tidak setiap orang
Yahudi di dunia ini adalah seorang Zionis. Kaum Zionis tulen adalah minoritas di dunia Yahudi.
Selain itu, terdapat sejumlah besar orang Yahudi yang menentang tindakan kriminal Zionisme
yang melanggar norma kemanusiaan. Mereka menginginkan Israel menarik diri secara serentak
dari semua wilayah yang didudukinya, dan mengatakan bahwa Israel harus menjadi sebuah
negara bebas di mana semua ras dan masyarakat dapat hidup bersama dan mendapatkan
perlakuan yang sama, dan bukan sebagai ‘negara Yahudi’ rasis.
Kaum Muslimin telah bersikap benar dalam menentang Israel dan Zionisme. Tapi, mereka juga
harus memahami dan ingat bahwa permasalahan utama bukanlah terletak pada orang Yahudi,
tapi pada Zionisme.